Siti Fadilah: Indonesia Harus Bersiap Hadapi Ancaman Biologi

0 Comments

Jackpot hari ini Result HK 2020 – 2021.

jpnn.com, JAKARTA – Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mengungkapkan bahwa Indonesia belum memiliki kesiapan dalam menghadapi ancaman biologi. Khususnya laboratorim untuk menangkal ancaman biologi.

Di Indonesia pernah berdiri Laboratorium Namru milik Angkatan Laut Amerika Serikat. Namun, laboratorium riset ancaman biologi tersebut tidak memberikan manfaat sehingga dibubarkan Pemerintah RI pada 2008.

Menurut Siti, Namru didirikan pada 1970-an, meski bercokol sekitar 30 tahun, keberadaan laboratorium di Jakarta Pusat dianggap belum memberikan sumbangan bagi Indonesia dalam menghadapi ancaman biologi.

Baca Juga:

“Menurut saya manfaatnya jauh lebih kecil dibandingkan kerugiannya sebagai negara merdeka,” kata dia kepada wartawan, Selasa (14/9).

Dia pun menegaskan bahwa keberadaan laboratorium asing sebagai bentuk penjajahan. “Kalau Namru memang harus ditutup,” tegasnya.

Lanjut Siti menerangkan, apabila Namru masih ada, sumbangannya terhadap pencegahan pandemi Covid-19 tidak signifikan. Sejauh ini hasil-hasil penelitian Laboratorium Namru tidak diserahkan ke Indonesia.

Baca Juga:

“Indonesia bingung menghadapi pandemi bukan karena tidak ada Namru, tetapi memang karena bingung sendiri tidak mengira pandemi separah ini,” kata Fadilah.

Menurut dokter spesialis jantung ini, Indonesia mengalami kemunduran dalam penanganan ancaman biologi.