Peringatan Serius BMKG untuk Sebagian Besar Wilayah di Indonesia

0 Comments

Dapatkan promo member baru Pengeluaran HK 2020 – 2021.

jpnn.com, JAKARTA – Masyarakat di sebagian besar wilayah di Indonesia diperingatkan untuk lebih waspada terkait potensi hujan lebat disertai kilat pada Minggu (8/8).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di Provinsi Aceh, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat.

Kondisi serupa juga diprakirakan terjadi di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Papua Barat.

Baca Juga:

BMKG menyampaikan sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia Barat Sumatera yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang terpantau di perairan barat Sumatera Barat hingga Bengkulu.

Daerah sirkulasi siklonik lainnya terpantau di Samudra Pasifik timur Filipina.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari pesisir barat Aceh hingga Sumatera Utara, di Bengkulu, dari Kalimantan Tengah bagian utara hingga Kalimantan bagian utara, dari Jawa Tengah bagian barat hingga Banten, dari Papua Barat hingga Maluku Utara, dan memanjang di Papua bagian tengah.

Baca Juga:

BMKG menyampaikan kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!
[embedded content]