Menyimak! Harapan PSI Kepada DPR Setelah Menanti Selama 16 Tahun, Hendaknya Mendapat Respons

0 Comments
Menyimak! Harapan PSI Kepada DPR Setelah Menanti Selama 16 Tahun, Hendaknya Mendapat Respons

jpnn. com , JAKARTA – Golongan Solidaritas Indonesia (PSI) bersyukur & mengapresiasi langkah DPR RI untuk membahas lebih lanjut RUU Pelestarian Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT).

PSI berharap DPR secepat-cepatnya melakukan pembahasan dan membawa semua elemen yang peduli untuk membuka ruang diskusi lebih merata dan dalam.

“Tidak berlebihan rasanya jika PSI berharap DPR segera saja menetapkan RUU PPRT sebagai RUU rintisan DPR dalam masa sidang saat ini, ” ujar Juru Bicara PSI, Kokok Dirgantoro, dalam tanda tertulis diterima Kamis (27/8/2020).

Baca Juga:

Suangi mengatakan PSI bersyukur RUU yang sudah 16 tahun jalan dalam tempat ini punya kesempatan buat dibahas. PSI memberikan apresiasi serta mendukung penuh upaya DPR hidup sama dengan pemerintahan Jokowi untuk segera menuntaskan RUU ini, ” tegas Kokok.

Kokok mengatakan masalah PRT itu kerap dianggap kurang penting jadi disisihkan dari pembahasan politik. Real, dampaknya sangat besar terutama untuk pekerjanya yang secara skala ekonomi berada di piramida bawah. Inspeksi ILO dan UI 2015, jumlah PRT di Indonesia mencapai 4, 2 juta jiwa. Saat itu mungkin lebih banyak lagi.

“PRT bekerja namun tidak mendapat hak sebagai praktisi. Jam kerja tidak jelas, kerap tidak ada libur, eksploitasi wujud, kekerasan, pelecehan hingga upah tidak terbayar. Pendek kata, banyak ketidakadilan yang mereka alami, ” jelas Kokok.

Menyuarakan Juga:

Rendahnya pendapatan PRT selalu membuat mereka sulit mengakses gadai sosial untuk layanan kesehatan & juga pendidikan untuk anaknya. Selalu karena tidak terdaftar dan teradministrasi sebagai pekerja, PRT juga pengganggu mengakses bantuan ataupun program sosial. Terlebih dalam masa pandemi bagaikan saat ini.

“Survei JALA PRT pada simpulan 2019 menyebutkan 73% PRT beroperasi dengan upah 20-30% UMR serta tidak bisa mengakses jaminan sosial seperti masuk dalam daftar Penerima Bantuan Iuran (PBI) juga jaminan ketenagakerjaan, ” ujarnya. PRT betul rentan krisis pangan, papan dan perlindungan sosial.