Komentari Puan, Ipang Tegaskan Warga Minang Lawan PDIP soal RUU HIP

0 Comments
Komentari Puan, Ipang Tegaskan Warga Minang Lawan PDIP soal RUU HIP

jpnn. com , JAKARTA – Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menyayangkan pernyataan Kepala DPP PDI Perjuangan Puan Maharani tentang ‘semoga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung negeri Pancasila’ yang kini menjadi polemik.

Ipang -panggilan akrabnya- menilai Puan mencurigai sesama anak bangsa lewat pernyataan itu.

Statemen Mbak Puan itu sangat tendensius, tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Kerjanya curiga terus kepada sesama anak bangsa, ” ujar Ipang, Jumat (4/9).

Baca Juga:

Direktur eksekutif Voxpol Center, Research and Consulting ini mempertanyakan model Pancasila dengan bisa dicontoh dari pernyataan cucu Proklamator RI Bung Karno tersebut. Sebah, kata Ipang, pernyataan Puan telah mempersepsikan Sumbar tak Pancasilais.

Ipang langsung menyinggung Rancangan Undang-Undang Haluan Ajaran Pancasila (RUU HIP) yang didalammya memuat Trisila dan Ekasila. Sementara orang Minang, tuturnya, tak pernah berniat mengubah Pancasila.

“Orang yang mau ubah Ekesila dan Trisila kemudian sip betul menuduh orang Minang tidak mendukung Pancasila. Justru orang Minang pasang badan all out melawan PDIP yang akan mengubah Pancasila, ” sebut Ipang.

Baca Juga:

Lebih lanjut Ipang mengharapkan pernyataan Puan bukan karena PDIP tak punya  legislator dalam DPR dari daerah pemilihan Sesumbar.

“Jangan begitulah, partai moncong putih anda enggak punya kursi dari Dapil Sesumbar di parlemen lalu langsung mencurigai Sumbar tak mendukung negara Pancasila, ” pungkasnya. (fat/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi tersebut: