Kang Teten Dorong UMKM Jadi Vendor bagi Pemerintah & Masuk Rantai Pasok BUMN

0 Comments

Promo menarik pada undian Data Sidney 2020 – 2021.

jpnn.com, JAKARTA – Pemerintah terus mendorong para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) membuat produk yang berkualitas dan berdaya saing.

Menurut Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki, pasar bagi produk UMKM tidak hanya di dalam negeri, melainkan juga di mancanegara.

“Kami bekerja sama dengan cross-border e-commerce untuk menyiapkan UMKM kita masuk pasar global,” ujar Teten saat membuka diskusi daring Bicara Kekinian Mencari Solusi yang ditayangkan akun JPNN.com di YouTube baru-baru ini.

Baca Juga:

Diskui bertema Memerdekakan UMKM di Masa PPKM itu juga menghadirkan sejumlah pembicara, antara lain, Executive Vice President PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Rahfie Syaefulshaaf, Executive Director Shopee Indonesia Handhika Jahja, dan Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun.

Teten mengatakan saat ini Kementerian Koperasi dan UKM telah menggandeng Shopee untuk memasarkan produk UMKM ke pasar dunia. “Shopee sudah bikin beberapa sekolah ekspor,” ujarnya.

Selain itu, Kemenkop dan UKM juga telah menyiapkan kerja sama dengan BRI dan BNI Xpora untuk membidik UMKM yang berpotensi ekspor. “Kami di kementerian bakal membereskan ekosistemnya, supaya ekspornya meningkat,” kata Teten.

Baca Juga:

Mantan kepala staf kepresidenan itu menambahkan pandemi sangat berdampak terhadap UMKM. Teten pun mengharapkan UMKM bisa menjadi vendor pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Di tengah daya beli masyarakat yang turun, tutur Teten, permintaan pasar saat ini digerakkan dengan belanja pemerintah dan BUMN. “Ini cukup menolong,” katanya.