Jangan Asal! Ini Sederet Risiko Minum Obat Sambil Tiduran

0 Comments
Jangan Asal! Ini Sederet Risiko Minum Obat Sambil Tiduran

jpnn. com berantakan Minum obat sambil tiduran merupakan hal lumrah yang dilakukan masa sedang sakit.

Meski serupa itu, medis sebenarnya tidak menyarankan menelan obat sambil berbaring. Jika langsung dilakukan, tindakan tersebut malah sanggup meningkatkan risiko efek samping dengan merugikan.

Risiko di balik minum obat sambil tiduran

Baca Juga:

Saat seseorang minum obat sambil berbaring, kecepatan obat untuk ditelan dan menyelap ke lambung menjadi berkurang. Akibatnya, obat akan berkontak dalam periode lama dengan saluran penghubung keras dan lambung (esofagus).

Faktanya, beberapa jenis obat dapat menyebabkan iritasi apabila terlalu lama berkontak dengan esofagus. Iritasi dinding esofagus yang terjadi berulang-ulang dapat menyebabkan  esofagitis  alias peradangan pada esofagus.

Cepat atau lambat, peradangan pada esofagus dapat menyebabkan perlukaan luas dan perdarahan. Kondisi ini melaksanakan penderita akan merasakan nyeri leher saat makan dan menelan.

Baca Juga:

Tidak hanya itu, minum obat serupa berbaring juga bisa meningkatkan risiko tersedak. Obat bisa saja mengikat di tenggorokan dan menyebabkan menemui tidak nyaman; mulai tenggorokan sakit hingga kesulitan bernapas.

Tersedak akibat cara minum obat yang salah juga meningkatkan risiko pneumonia aspirasi. Kondisi itu terjadi karena masuknya cairan ataupun benda asing ke dalam paru-paru, sehingga terjadi peradangan.