GKR Mangkubumi: Pengembangan Pariwisata Jangan Menggerus Warisan Budaya

0 Comments

Bonus harian di Keluaran SDY 2020 – 2021.

jpnn.com, YOGYAKARTA – Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi mengatakan Keraton Yogyakarta bersama pemerintah pusat maupun daerah memiliki kesepakatan bersama untuk menjaga warisan budaya.

Hal itu disampaikan GKR Mangkubumi dalam simposium nasional bertema Warisan Budaya dalam Perspektif Sejarah dan Film saat rangkaian Dies Natalis ke-39 Universitas Widya Mataram (UWM), Sabtu (2/10).

“Pengembangan fasilitas pariwisata dalam bentuk pembangunan tol, rel kereta, dan fasilitas lainnya disesuaikan dengan peta wilayah warisan budaya (Keraton Yogyakarta, red),” kata GKR Mangkubumi sebagaimana diberitakan Genpi.co (Group JPNN).

Baca Juga:

GKR Mangkubumi juga menekankan sinergi kebudayaan dan pariwisata harus seimbang antara kepentingan kebudayaan maupun manfaat bagi masyarakat di sekitarnya.

“Ketika kita mempertahankan warisan budaya, ada pengakuan misalnya dari UNESCO. pengembangan pariwisata jangan menggerus keberadaan warisan budaya,” ucap GKR Mangkubumi.

Pada simposium itu, Rektor UWM Edy Suandi Hamid mengatakan warisan budaya bisa diberdayakan melalui pendekatan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan teknologi berbasis kreativitas.

Baca Juga:

Edy mengatakan era digitalisasi sekarang ini bisa dijadikan momentum untuk memasarkan objek warisan sejarah.

“Warisan budaya Yogyakarta tidak mungkin dipasarkan secara konvensional,” ujar Edy.