Alhamdulilah, Ribuan Perusahaan di Jateng Sudah Bayar THR Lebaran

0 Comments

Promo menarik pada undian Data SGP 2020 – 2021.

jpnn. com , SEMARANG berantakan Berdasarkan informasi dari Jawatan Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Jawa Tengah, sebanyak 1. 159 perusahaan di Jawa Pusat tercatat telah membayar tunjangan hari raya (THR) dengan penuh pada lebaran tahun ini.

Sebelumnya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menegaskan kepada pengusaha agar menjaga komitmen untuk membayarkan THR tahun ini.

Apabila terjadi masalah, dia meminta pengusaha untuk berkomunikasi dengan para buruh dan membongkar-bongkar penyelesaian secara kekeluargaan. Koneksi antara pengusaha dan pekerja dinilai penting.

Baca Juga:

“Saya titip kepada para-para pengusaha karena ini telah ketentuan, mari kita koneksi. Sampaikan kepada para buruh karena kita sudah janji, ” kata Ganjar.

Sementara tersebut Kepala Disnakertrans Jawa Pusat Sakina Roselasari menambahkan ada sekitar 112 perusahaan yang membayar THR secara mencicil atau tidak penuh. Pihaknya akan melakukan pengawasan dan pemeriksaan. Termasuk juga akan menindaklanjuti aduan sebanyak 99 aduan.

“Seluruh pengawas ketenagakerjaan kita yang ada di enam satker turun. Termasuk kemarin, hari ini pun, had sebelum besok cuti Lebaran, kita turun memastikan kondisinya, ” ujar Sakina pada sela pemantauan pembayaran THR bersama Ketua Komisi E DPRD Jawa Tengah, Abdul Hamid di perusahaan AR Packaging, Kabupaten Semarang, Selasa (11/5/2021).

Baca Juga:

Harapannya, perusahaan tetap melakukan pembayaran THR bagi karyawan. Menetapi itu adalah hak pegawai dari pengusaha. Yang mana, pengusaha mengetahui itu. Disnakertrans Jateng juga menyadari kalau terjadi ketidaklancaran aliran kekayaan (cashflow) sejumlah perusahaan akibat dampak pandemi. “Tapi apapun itu, itu adalah ketentuan, kewajiban bahwa perusahaan wajib membayarkan tunjangan hari besar keagamaan kepada karyawan sesuai ketentuan, ” tegasnya.

Tim melakukan pemantauan pemberian THR ke tiga perusahaan di Kabupaten Semarang yaitu PT Cimory, PT Liebra Permana Semarang, dan AR Packaging Indonesia. Hasilnya, hanya PT Liebra yang kedapatan membayar THR secara mencicil.